Lima Doa yang Wajib Diminta



Manusia pasti memiliki keinginan yang tidak ada habisnya. Tercapai satu kemauan, sudah terbersit lagi permintaan baru. Rasanya seperti ada saja yang memang perlu. Hingga tanpa sadar permintaan lewat doa pun banyak tak terkira.

Tapi jika kita tilik lagi, doa-doa yang kita rapalkan itu barangkali hanya sebatas permintaan remeh semata. Mungkin untaian doa itu hanya sebagai pemuas nafsu semata. Sebatas doa agar lulus ujian misalnya, lalu ya sudah cukup itu saja ketika akhirnya ujian terlewati.

Jauh dari semua permintaan-permintaan itu, pada dasarnya ada doa-doa yang seharusnya tidak lalai diucapkan oleh setiap manusia. Doa apa itu?

Simak 5 doa yang wajib kita baca


Doa meminta surga
Hidup di dunia hanya sementara. Yang kekal adalah hidup setelah mati menjemput kita. Maka jangan lupa untuk selalu meminta surga di akhirat kita. Salah doa yang bisa diucapkan adalah Allahumma inni as-aluka ridhoka wal-jannah wa-a’uzubika min sakhathika wannar (Ya Allah, kami mohon kehadirat-Mu untuk mendapatkan keridhaan-Mu dan surga-Mu. Kami berlindung dari kemurkaan-Mu dan siksa neraka)

Doa meminta husnul khotimah
Tak ada jaminan yang lebih membahagiakan dari semua jerih payah di dunia selain sebuah akhir yang baik yaitu husnul khotimah. Karena kita tak pernah tahu apakah kebaikan kita kekal hingga kita mati dalam kebaikan pula. Maka lafalkan saja doa agar Allah menganugerahi kita husnul khotimah.

Doa meminta hidayah
Sepandai-pandainya manusia tak akan mampu menebak kehidupan yang akan datang. Apakah jalan di depan akan menjadi baik ataukah sebaliknya menjadi buruk. Maka seorang hamba yang beriman tak akan lalai untuk memohon diberikan petunjuk di jalan kebenaran. Salah satunya dengan doa dalam surat Al-Fatihah yang dibaca tiap sholat ihdinasshirotol mustaqim (Tunjukkanlah kami jalan yang lurus).

Doa meminta istiqomah
Apa artinya mendapat hidayah jika tak bisa menjaga istiqomah. Maka meminta untuk diberikan ketetapan hati dalam ketaatan termasuk doa penting yang harus dilafalkan. Salah satunya dengan doa Yaa Muqollibal Qulub Tsabbit Qolbi ‘Alaa Diinik (Wahai Zat yang Maha Membolak-balikan hati, teguhkan hatiku diatas agama-Mu).

Atau ucapkan doa Allahumma inni as-alukal hudaa was sadaad (Ya Allah aku meminta kepada-Mu hidayah dan kebenaran). Doa ini sudah mencakup dua poin sekaligus yaitu meminta hidayah sekaligus istiqomah.


Doa meminta ampun
Tentu kita tahu permohonan ampun adalah istigfar. Ada banyak lafal istigfar yang bisa dipilih. Misalnya dengan doa sayyidul istigfar atau doa yang dibaca oleh Nabi Yunus a.s. atau Nabi Adam a.s.

Semoga dengan doa-doa ini keinginan kita bisa terpenuhi. Bukan hanya keinginan duniawi semata, tetapi jauh lebih kekal abadi yakni di akhirat nanti.

No comments:

Powered by Blogger.