Free Writing

Menulis untuk pemula


Ada yang pernah bertanya, bagaimana tips untuk bisa menulis? Jawabnya, nulis saja! Iya, cuma begitu jawabannnya.

Kesannya sangat menyebalkan. Ditanya cara biar bisa menulis eh malah disuruh menulis. Persis seperti orang yang ada keluhan tidak bisa tidur lalu dijawab tidur saja menutup mata. Hm..., bikin kesal! Padahal sebenarnya tidak menyebalkan, hanya saja memang sesimpel itu cara mengatasinya.

Orang yang tidak bisa tidur diminta untuk memejamkan mata. Harapannya dengan mata terpejam lama-kelamaan dia akan terlelap juga. Begitu pula dengan menulis. Orang hanya diminta untuk menulis setiap hari, maka lama-kelamaan juga akan mahir menulis.

Jadi, bagaimana tips menulis untuk pemula?


Kata pepatah alah bisa karena biasa. Kalau tidak dicoba dan diasah ya kapan bisanya. Maka menulis saja dulu. Istilahnya adalah free writing alias menulis bebas. Tulis saja bebas tanpa mempedulikan tema, puebi, dan kaidah lainnya.

Cuma begitu? Iya, sesimple itu, tapi tidak seremeh itu.

Seorang penulis yang sudah menerbitkan puluhan buku pernah bercerita kalau ia masih memakai teknik free writing. Setiap hari dia mengalokasikan waktu misal satu jam untuk menulis. Lantas ia menulis saja. Apa yang terlintas di pikirannya ia tuliskan. Tak peduli apakah ada typo, atau bakal jadi satu kesatuan paragraf yang baik atau tidak. Pokoknya dia murni menulis. Hingga tanpa sadar dalam satu jam itu ia bisa membuat 10 halaman word penuh dengan kalimat. Wow!

Coba bayangkan kalau dia overthinking dengan naskahnya, mungkin satu jam itu akan sia-sia karena tidak segera menulis. Tapi ketika ia biarkan saja, nyatanya 10 halaman bisa tercapai juga. Tugas selanjutnya tinggal mengalokasikan waktu untuk editing. Proses ini jauh lebih mudah dibandingkan dari awal sedikit demi sedikit mengedit hanya karena ingin bisa menulis dengan sempurna. Maka tak heran kalau dalam satu bulan dia bisa menulis tiga naskah buku sekaligus.

Jadi, tulis saja apa yang ada di pikiranmu. Tak peduli apakah itu akan menjadi naskah buku atau sekedar status yang memenuhi timelinemu. Just free writing!

No comments:

Powered by Blogger.